Monday 2 April 2018

Pengertian Mitokondria dan Fungsinya dalam Sel

Pengertian Mitokondria dan Fungsinya dalam SelMitokondria adalah organel yang ditemukan di sitoplasma  sel. Mereka sangat penting untuk hidup sehat karena mereka memainkan peran penting dalam cara fungsi sel dalam tubuh. Mitokondria menghasilkan energi bagi sel untuk melakukan aktivitas. Energi ini dalam bentuk adenosine triphosphate (ATP). Mereka juga mengambil bagian dalam pensinyalan sel dan membantu sel merasakan dan beradaptasi dengan lingkungan mereka.
Jumlah mitokondria yang ditemukan dalam sel tergantung pada jenis sel tertentu. Misalnya, sel hati dapat memiliki sebanyak 2000. Jumlahnya dapat bergantung pada tingkat energi yang dibutuhkan oleh sel.

Bagian mitokondria. Hak Cipta Gambar: NoPainNoGain / Shutterstock

Bagaimana Struktur Mitokondria?

Mitokondria adalah organel dengan diameter sekitar 0,75 - 3µm. Strukturnya, yang cenderung berbentuk kacang, termasuk beberapa kompartemen yang memiliki peran penting yang berbeda. Namun, mitokondria tidak mudah terlihat strukturnya kecuali menggunakan pewarnaan sel.
Membran mitokondria luar sekitar 60 - 70Å tebalnya yang mengandung protein yang disebut porins mengelilingi membran mitokondria bagian dalam yang terlipat. Membran luar menggabungkan enzim yang berkontribusi pada oksidasi adrenalin, pengurangan asam amino dan pemanjangan asam lemak.
Bagian di antara membran dalam dan luar mitokondrion adalah ruang intermembran. Membran dalam memiliki protein yang terlibat dalam beberapa fungsi termasuk reaksi redoks fosforilasi oksidatif, menghasilkan ATP dalam matriks, mengatur metabolit, mengimpor zat serta fusi dan fisi.
Membran dalam juga memiliki lipatan yang disebut krista yang menyediakan area yang luas untuk mitokondria untuk melaksanakan reaksinya. Di sinilah produksi energi terjadi. Secara khusus, ini membantu dengan respirasi sel aerobik.
Membran bagian dalam mengelilingi ruang yang disebut matriks yang memiliki banyak enzim, RNA, ribosom, dan genom DNA mitokondria.
Membran membran retikulum endoplasma terkait mitokondria (MAM) dalam mitokondria mengambil bagian dalam mengatur lingkungan sel seperti keasaman, alkalinitas, dan suhu.

Peran Mitokondria dalam Fungsi Sel

Mitokondria menghasilkan energi untuk sel melalui respirasi. Mereka menghasilkan ATP melalui proses yang disebut siklus asam sitrat oleh oksidasi zat yang terbentuk di sitosol sel. Suatu zat kimia yang disebut NADH diproduksi yang dikerjakan oleh enzim di dalam membran, menghasilkan elektron yang bergerak di sekitar sistem internal mitokondria.
Mitokondria juga membantu menjaga lingkungan sel (homeostasis) untuk menjaga kondisi terbaik untuk fungsi optimal. Ini dicapai dengan penyimpanan dan pelepasan kalsium gratis. Baik proliferasi sel dan pembelahan sel diatur oleh mitokondria. Mitokondria sendiri, bagaimanapun, sebenarnya dibagi oleh proses pembelahan biner.
Mitokondria juga memiliki peran dalam kematian sel yang dikendalikan (apoptosis). Mereka menghasilkan reaksi yang berkontribusi pada perubahan sel dan akhirnya kematian sel. Hingga 70 miliar sel mati rata-rata manusia dewasa setiap hari. Untuk anak-anak ini sekitar 20 hingga 30 miliar sel.

Peran Mitokondria dalam Penyebab Penyakit

Mitokondria memiliki pekerjaan yang sangat penting  dalam membantu sel berfungsi dengan baik bahwa ketika mereka tidak berfungsi, mereka dapat menyebabkan penyakit. Beberapa malfungsi diyakini disebabkan oleh mutasi DNA mitokondria pada sekitar 15% kasus. Di lain waktu, mutasi pada gen akan menyebabkan masalah dan menyebabkan penyakit yang diturunkan. Telah ditemukan bahwa malfungsi mitokondria memainkan peran dalam kondisi seperti autisme, gagal jantung, dan disfungsi jantung. Orang dengan penyakit Parkinson memiliki mutasi mitokondria tingkat tinggi.
Gejala-gejala khas dari banyak penyakit mitokondria adalah hilangnya otot-otot otot koordinasi kelemahan masalah penglihatan, penyakit hati, penyakit ginjal, kondisi neurologis, dan masalah pencernaan untuk beberapa nama saja.
Diulas oleh Susha Cheriyedath, MSc

Referensi

  • Pusat Bantuan Wellcome untuk Mitokondria Penelitian mitokondria: http://www.newcastle-mitochondria.com/mitochondria/what-do-mitochondria-do/
  • Wikipedia tentang gangguan mitokondria: https://en.wikipedia.org/wiki/Mitochondrial_disease
  • British Society for Cell Biology: http://bscb.org/learning-resources/softcell-e-learning/mitochondrion-much-more-than-an-energy-converter/
Comments