Monday 1 October 2018

Cabang - Cabang dalam Ilmu Psikologi

Bagaimana para psikolog memikirkan dan mempelajari pikiran dan perilaku manusia? Psikologi adalah topik yang sangat besar dan menyampaikan kedalaman dan luasnya subjek dapat menjadi sulit. Akibatnya, sejumlah cabang psikologi yang unik dan berbeda muncul untuk menangani subtopik spesifik dalam studi pikiran, otak, dan perilaku.

Setiap cabang atau bidang melihat pertanyaan dan masalah dari perspektif yang berbeda  Meskipun masing-masing memiliki fokusnya sendiri pada masalah atau masalah psikologis, semua bidang memiliki tujuan bersamauntuk mempelajari dan menjelaskan pemikiran dan perilaku manusia.
Psikologi dapat dibagi menjadi dua bidang utama:
  1. Penelitian,  yang berusaha meningkatkan basis pengetahuan kami
  2. Berlatih , di mana pengetahuan kita diterapkan untuk memecahkan masalah di dunia nyata








Karena perilaku manusia sangat bervariasi, jumlah sub-bidang dalam psikologi juga terus tumbuh dan berkembang. Beberapa dari subbidang ini telah ditetapkan dengan mantap sebagai bidang yang diminati, dan banyak perguruan tinggi dan universitas menawarkan kursus dan program gelar dalam topik ini. 

Setiap bidang psikologi merupakan bidang studi khusus yang berfokus pada topik tertentu. Seringkali, psikolog mengkhususkan diri dalam salah satu bidang ini sebagai karier. Berikut ini adalah beberapa cabang utama psikologi. Bagi banyak bidang spesialisasi ini, bekerja di bidang tertentu membutuhkan studi pascasarjana tambahan di bidang tertentu.
Cabang - Cabang dalam Ilmu Psikologi

Berikut adalah 10 bidang psikologi yang paling banyak dikenal:

1. Psikologi Klinis

Cabang psikologi yang berorientasi pada pengobatan ini berhubungan dengan cara-cara ilmiah menangani masalah-masalah psikologis. Juga disebut psikologi konseling atau psikoterapi, berfokus pada pencegahan, pemahaman dan penyembuhan masalah psikologis dengan cara perawatan psiko-terapeutik.

2. Biopsikologi

Cabang psikologi ini melihat peran otak dan neurotransmiter dalam memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku kita. Cabang ini menggabungkan ilmu saraf dan studi psikologi.

3. Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan adalah studi ilmiah tentang perilaku manusia dalam lingkungan pendidikan dan, dengan demikian, ia menangani masalah-masalah seperti gangguan belajar, perilaku remaja, dan sebagainya. Studi-studi ini fokus terutama pada tahap perkembangan yang berbeda dari anak-anak dan remaja.

4. Psikologi Kognitif

Cabang psikologi yang berhubungan dengan proses mental, seperti pemikiran, ingatan dan pemecahan masalah, disebut psikologi kognitif. Pada intinya, ini berkaitan dengan persepsi dan kemampuan pemecahan masalah otak.

5. Psikologi Forensik

Penerapan psikologi untuk pembuatan hukum, penegakan hukum, pemeriksaan saksi, dan perlakuan kriminal adalah pekerjaan dari psikolog forensik. Juga dikenal sebagai psikologi hukum, cabang psikologi ini tidak berbeda dengan psikologi kognitif dan klinis, tetapi melibatkan pemahaman yang menyeluruh tentang hukum.

6. Psikologi Sosial

Berfokus pada aspek psikologis individu dalam lingkungan komunitas , psikologi komunitas mengeksplorasi karakteristik seperti interdependensi, adaptasi, diplomasi, pemberdayaan, keadilan sosial, dan sebagainya. Ini juga disebut sebagai psikologi kritis.

7. Psikologi Industri

Cabang psikologi ini membahas masalah praktis di tempat kerja melalui penerapan prinsip-prinsip psikologis. Psikolog industri, juga disebut psikolog organisasi, dipekerjakan oleh perusahaan untuk melakukan tes yang mengukur bakat atau ketrampilan karyawan dalam program perekrutan dan penempatan.

8. Psikologi Kesehatan

Cabang psikologi ini mengamati bagaimana perilaku, biologi, dan konteks sosial memengaruhi penyakit dan kesehatan. Psikolog kesehatan umumnya bekerja bersama profesional medis lainnya dalam pengaturan klinis.

9. Psikologi Eksperimental

Psikolog eksperimental bekerja untuk memahami penyebab perilaku yang mendasar dengan mempelajari manusia dan hewan. Mereka bekerja terutama di lingkungan laboratorium, menjelajahi bagaimana spesies yang berbeda saling berhubungan dan menyelidiki signifikansi evolusioner dari perilaku tertentu.

10. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mencoba untuk menjelaskan perkembangan manusia dari waktu ke waktu, baik dalam arti mikro, karena mereka berkembang dari bayi hingga dewasa, dan dalam arti makro, sebagai budaya itu sendiri berkembang selama bertahun-tahun dan dekade.
Jika Anda telah mempertimbangkan prospek mempelajari psikologi, mengapa tidak mempertimbangkan Perguruan Tinggi Psikologi Terapan Afrika Selatan? SACAP's Bachelor of Applied Social Science adalah program gelar psikologi sarjana yang komprehensif, menyediakan batu loncatan sempurna bagi mereka yang ingin maju ke Honours and Masters untuk menjadi seorang psikolog .

Comments